Ilsyah Ryan Reza

Ilsyah Ryan Reza (lahir di Poso, Sulawesi Tengah, 11 Maret 1977; umur 42 tahun), lebih dikenal dengan nama Reza, adalah seorang pemusik Indonesia. Dia pergi meninggalkan kota kelahirannya untuk kuliah di Bandung, dan kemudian bergabung dengan Peterpan pada tahun 2001 untuk menggantikan Ari sebagai drummer baru di band tersebut. Pada bulan Januari 2015, Reza keluar dari NOAH (sebelumnya Peterpan) yang telah membesarkan namanya.

Disaat karir musiknya melejit, mantan Drummer kelompok band Noah, Reza, memilih mundur dari kelompok band yang telah membesarkan namanya. Salah satu alasan personil Noah ini keluar adalah keinginan untuk memperdalam agama Islam yang lebih baik lagi.

Ketika rekannya Ariel masih mendekam di dalam penjara, Reza yang punya nama asli Ilsyah Ryan Reza ini mengaku diajak jalan oleh temannya di Jamaah Tabligh selama dua tahun. Menurut Reza, pengalaman ini adalah suatu hal yang baru baginya.

“Dulu, saya nggak pernah shalat. Ketika itu, saya baru dua tahun shalat, tepatnya sejak tahun 2010 hingga 2012. Sebagian teman ada juga yang kembali ke habitatnya sebagai anak band. Tapi saya mengambil keputusan berbeda. Saya memilih mundur dari Noah, bukan karena menganggap musik itu haram, tapi karena tidak mau meninggalkan shalat.”

Ketika itu Reza musyawarah dengan Lukman, rekannya sesama personil Noah, dan ulama di Bandung untuk berkonsultasi soal agama. Selama dua tahun, Reza mengaku seperti bolak-balik ke dokter untuk mendapatkan ketenangan, sekaligus melepaskan segala keresahan yang berkecamuk di dalam hatinya. Ia dihadaakan oleh dua pilihan, antara meninggalkan shalat atau rezeki yang berlimpah.

Pasca hengkang dari  Noah, Reza aktif mengikuti taklim Jamaah Tabligh bersama rekan-rekannya yang lain sesama musisi, seperti Yuke Sumeru dan Derry Sulaeman. Ia sempat khuruj ke Bangladesh selama empat bulan. Reza setahap demi setahap, mulai menemukan ketenangan, dan berusaha untuk istiqamah, dan terus memperdalam agama Islam.

Leave a Comment
Speaker Details
  • Location
  • Address
    Tidak ada data, mohon hubungi admin untuk update
  • Phone
    Tidak ada data
  • Email
    Tidak ada data