Salim A. Fillah

Salim A. Fillah (lahir di Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, 21 Maret 1984; umur 35 tahun) adalah seorang penulis buku islami dari Yogyakarta, Indonesia. Namanya mulai dikenal luas setelah menerbitkan buku Nikmatnya Pacaran setelah pernikahan (2003). Selain penulis buku, Salim A. Fillah merupakan penggiat Masjid Jogokariyan Yogyakarta.

Salim A. Fillah adalah penulis buku-buku islami produktif asal Yogyakarta. Sejak kecil dia sudah menggemari buku. Dunia tulis-menulis mulai ditekuninya ketika menempuh pendidikan di SMA Teladan Yogyakarta. Aktivitas kepenulisannya mulai dikenal secara luas ketika menerbitkan buku Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan (2003). Buku tersebut sekaligus merupakan buku pertama yang diterbikan oleh Pro-U Media. Selain menulis buku, Salim A. Fillah juga aktif dalam kepengurusan Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Di masjid ini, Salim A. Fillah berlaku sebagai pengasuh pengajian Majelis Jejak Nabi.

Salim menulis tentang parahnya pergaulan muda-mudi. Namun Salim A. Fillah mengupayakan membahasnya dengan ucapan-ucapan yang dekat dengan mereka yang membacanya. Agar dapat dicerna dengan baik. Awalnya buku “Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan” diberi judul “Pacaran”, Dari Haraaman Fahisyan ke Halaalan Thayyiban. Salim berfikir kesannya artikel sekali. Atas pertimbangan pemasaran dan dakwah maka judulnya diolah dengan men-decode (menterjemahkan) pemahaman awam sekitar ini, “Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan”.

Dalam kitab itu ditaruh unsur dayatarik (Nikmatnya), semangat positif (bukan tidak mengizinkan pacaran sebelum nikah), tapi memberitakan nikmatnya pacaran setelah menikah), dan memutarbalikkan paradigma (Pacaran Setelah nikah, bukan sebelum) yang di dalamnya syarat pesan dakwah. Tidak menggurui sampai pembaca akan jenuh bahkan merasa bodoh, namun membina paradigma kebenaran akan suatu hubungan.

Speaker Details