Masjid Al Muhajirin Wal Anshar

Masjid Al Muhajirin wal Anshar adalah masjid yang dibangun di atas tanah wakaf a.n seluas 1.285 m2 dengan luas bangunan ±700 m2. Pembangunan Masjid Al Muhajirin wal Anshar dimulai sejak terbitnya Surat Izin Mendirikan Bangunan no: 645.8/53/IMB/BPPT/2011 tanggal 30 Desember 2011. Biaya pembangunan berasal dari infaq muhsinin (donatur) Saeed bin Abdullah bin Thalib dan beberapa muhsinin lainnya.

Lokasi geografis Masjid Al Muhajirin wal Anshar berada pada arah barat kota Depok dengan posisi koordinat topografi -6.3731354 lintang selatan dan 106.7910576 bujur timur dengan alamat di Jalan Raya Krukut, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok , Jawa Barat. Dinamakan Masjid Al Muhajirin wal Anshar adalah untuk mengingatkan kita kepada dua golongan sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang utama yaitu kaum Muhajirin dan kaum Anshar. Sehingga diharapkan kaum muslimin dapat mengikuti jejak mereka dalam beragama, karena merekalah dua golongan yang Allah abadikan penyebutannya didalam Al Quran.

Merupakan sebuah harapan besar bahwa masjid dapat berfungsi sebagaimana berfungsinya masjid dimasa Rosulullah dan para sahabatnya. Yaitu tidak semata-mata sebagai tempat sholat lima waktu dan ibadah ritual saja. Sebagaimana lazimnya sebuah masjid yang membutuhkan adanya suatu kepengurusan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk menjaga keberlangsungan masjid agar tetap dimakmurkan, maka demikian pula Masjid Al Muhajirin wal Anshar telah memiliki DKM.

DKM Masjid Al Muhajirin wal Anshar bertujuan untuk mengajak kaum muslimin di lingkungan sekitar masjid pada khususnya dan kaum muslimin pada umumnya untuk memakmurkan masjid ini dalam bingkai syariat Islam yang berlandaskan Al-Quran dan As Sunnah dengan pemahaman Ahlus Sunnah wal Jamaah.

Leave a Comment
Venue Details
  • Location
  • Category
  • Address
    Jl. Raya Grogol No. 121, Kel. Grogol, Kec. Limo, Depok, Jawa Barat
  • Phone
    08121023017
Working Hours
  • Weekdays
    24 hours
  • Saturday
    24 hours
  • Sunday
    24 hours
Events of the Venue
You might also love these events.
October 19, 2019
Hadirilah, kajian Islam ilmiah. Kemuliaan Bersyukur oleh Al Ustadz Ali Basuki, Lc. Hafizhahullah Insya Allah Sabtu, 20 Safar 1441 H/19 Oktober 2019 Pukul 10:00 – Dzuhur di Masjid Al-Muhajirin wal Anshar (AMWA)
Expired